Service Ac Kediri

Service Ac Kediri

Jenis AC yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga adalah AC Window dan AC split Dinding. Namun saat ini AC window jarang digunakan karena suara dan getaran yang ditimbulkan sangat bising. Berikut ini adalah Cara untuk melakukan perawatan terhadap AC Split.

Ada dua cara untuk melakukan perawatan AC yaitu menggunakan jasa tukang servis AC dengan membayar jasa tersebut atau dapat dilakukan sendiri yang sebetulnya juga tidak terlalu sulit.

AC Split memiliki 2 bagian utama yang terpisah (split) yaitu bagian Indoor dan bagian Outdoor

Service Ac Kediri

Perawatan berkala terhadap Outdoor AC Split perlu dilakukan. Jadwalnya disesuaikan dengan kondisi lingkungan Outdoor AC tersebut berada. Perawatan dilakukan ketika kisi-kisi pendingin dari Outdoor AC tersebut sudah kotor sekali dan tertutup debu, sehingga menghalangi aliran udara yang digunakan untuk mendinginkan pipa freon.

Service Ac Kediri

Service Ac Kediri

Cara merawat outdoor AC ini mudah sekali. Tahap pertama adalah matikan atau cabut sumber daya dari AC, lalu bersihkan debu yang menempel pada kisi-kisi pendingin Outdoor AC tersebut baik pada bagian belakang ataupun samping. Untuk membersihkannya dapat menggunakan air kran yang dihubungkan dengan selang, lalu semprot dari bagian belakang, samping ataupun depan sehingga semua debu rontok. Untuk debu yang bandel tidak mau rontok bisa digunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Sikat kisi-kisi mengikuti alur dengan perlahan hingga kisi-kisi tidak bengkok. Pembersih air bertekanan tinggi juga bisa digunakan. Namun tekanan terlalu tinggi bisa menyebabkan kisi-kisi bengkok dan hal ini dapat menghalangi sirkulasi udara Outdoor AC. Atur mata pembersih air bertekanan tinggi hingga bentuk semprotan airnya melebar dan tekanan semprotan air tidak terlalu tinggi.

Service Ac Kediri

Setelah bersih Tunggu hingga Outdoor AC kering. lalu hidupkan kembali AC. Selesai. Mudah bukan.

Service Ac Kediri

Perawatan Indoor

Untuk perawatan Indoor AC sedikit lebih rumit, namun tetap bisa dilakukan sendiri dengan peralatan sederhana. Tukang service AC biasanya menggunakan penyemprot air bertekanan tinggi khusus AC yang harganya cukup mahal dan kantung plastik khusus ac untuk penadah air lengkap dengan selang pembuangannya. Kantung Plastik ini dijual .di toko-toko servis AC dengan ukuran sesuai PK dari AC.

Namun kali akan dibahas cara dan penggunaan alat yang lebih sederhana.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah kuas, obeng plus, gayung air, lap mobil, sikat gigi bekas dan senter atau lampu emergency.

Untuk perawatan Indoor AC ada dua jenis yaitu perawatan ringan dan perawatan besar.

Perawatan ringan Indoor AC

Untuk perawatan ringan Indoor AC tidak dibutuhkan perkakas apapun. Waktu untuk perawatan ringan Indoor AC adalah jika dirasakan semburan angin dari inddor ac lemah. Matikan AC lalu buka cover filter udara bagian depan dari indoor AC. Buka cover dengan cara menarik cover pada bagian kiri dan kanan seperti tampak pada gambar berikut.

Ambil dua buah filter udaranya lalu bersihkan dengan menymprotkan air ke filter tersebut. Tunggu hingga kering, pasang lagi filter tersebut, lalu tutup covernya dan hidupkan kembali AC. Sangat mudah sekali bukan.

Perawatan besar Indoor AC

Perawatan besar Indoor AC dilakukan jika perawatan ringan telah dilakukan tapi hembusan angin dari indoor AC terasa masih lemah. Perawatan besar Indoor AC biasanya setelah beberapa kali perioda perawtan ringan indoor AC.

Tahap petama adalah matikan AC dan cabut kabel powernya. Singkirkan benda-benda di bawah Indoor AC agar tidak ketetesan air.

Tahap berikutnya adalah lakukan tahapan perawatan ringan indoor AC hingga tahap membersihkan filter udara.

Tahap berikutnya adalah buka dudukan filter udara tersebut dengan melepas sekrup dengan menggunakan obeng plus. Posisi sekrup ada pada gambar berikut. Sekrup pada bagian bawah tertutup cover plastik. buka covernya baru buka sekrupnya.

Untuk membuka cover plastiknya dorong covernya dengan menggunakan ujung obeng. Setelah itu buka sekrupnya.

Setelah itu buka dudukan filter udara dengan melepas terlebih dahulu board display AC. Maka Indoor AC akan terlihat seperti foto dibawah ini.

Bersihkan dudukan filter tersebut. Bersihkan juga kisi kisi pendingin dengan kuas atau sikat gigi. gunakan kuas kering terlebih dahulu. Selanjutnya kuas bisa dibahasi dengan air agar lebih bersih. bersihkan dengan perlahan agar kisi-kisi tersebut tidak bengkok.

Tahap selanjutnya adalah membuka flap vertikal dan bersihkan. Tahapan membuka flap vertikal dapat dilihat pada gambar berikut. Tahap Selanjutnya adalah membuka dua buah flap horizontal. Caranya dapat dilihat pada gambar berikut lalu bersihkan.

Tahap terakhir dan memakan waktu adalah membersihkan blower indoor AC. Gunakan kuas kering terlebih dahulu. Setelah itu basahi kuas agar lebih bersih. Setelah semua bersih pasang kembali bagian-bagian indoor AC tersebut dengan urutan pemasangan kebalikan dari urutan pembongkaran tadi.

Pasang Kembali kabel power AC dan hidupkan kembali AC. Selesai. Tidak terlalu sulit bukan.

Model AC split pada tulisan ini adalah AC split merek TCL 1/2 pk. Namun pada umumnya untuk AC split type lain konstruksi dan cara bongkar-pasangnya mirp

Faith Teknika

Melayani:

Service Cold Storage

Service Air Blast Freezer

Service Water Chiller

Service Air Dryer

Service Alat Pendingin lainnya

Service AC

Untuk pelayanan terbaik silakan hubungi kami:

Tlp.+628123060492

       +6285100485604

Jl Pangeran Diponegoro no 99 dusun Purwoharjo desa sidorejo kecamatan pare kabupaten kediri

faith_teknika@yahoo.co.id

Terimakasih atas kunjungan anda

#service ac kediri kediri jawa timur

#service ac kediri

#service ac pare kediri

#tukang service ac kediri

#service ac di kediri

#service ac di kediri

#jasa service ac kediri

#servis ac  kediri

#coolroomjawatimur #chillerroomjawatimur # #coldstoragejawatimur #coldstoragebali #coldstoragelombok #freezercoldstoragejawatimur #walkinchillerjawatimur #walkinchillerbali #walkinchillerlombok # #jember #bondowoso #banyuwangi #situbondo #lumajang #lamongan #gresik #blitar #kediri #madiun #pacitan #ponorogo #mojokerto #probolinggo #pasuruan #jombang #tuban #tulungagung #trenggalek #ngawi #magetan #bojonegoro #bangkalan #pamekasan #sumenep #sampang #sidoarjo #surabaya #malang


Komentar

Postingan Populer